10 Alasan Kenapa Seorang Dosen Harus Punya Blog Sekarang Juga (Part 1)

Profesi dosen merupakan profesi yang selalu bersentuhan dengan hal-hal baru dan terbarukan. Dari bersentuhan dengan sistem pendidikan terbaru, dengan mahasiswa baru, gedung baru, pimpinan baru, bahkan hingga teknologi terbarukan. Dosen seharusnya menjadi pribadi yang selalu up to date terhadap perkembangan zaman. Hal ini karena dosen selalu menemui hal hal baru dalam setiap titian karirnya. Yang paling kentara adalah, setiap tahun dosen selalu berhubungan dengan mahasiswa baru, dimana mahasiswa baru tersebut memiliki pengalaman dan pengetahuan pada zamannya kini.

Maka dari itu, dosen juga harus mengkuti perkembangan zaman, terlebih juga mengikuti perkembangan teknologi yang kini juga digeluti oleh mahasiswa dan sistem kependidikan modern. Salah satunya adalah teknologi internet.

Internet memungkinkan seorang dosen untuk melejitkan potensi profesinya agar lebih efektif dan efisien. Namun banyak dosen yang tidak memahami fungsi pentingnya internet untuk kemajuan karirnya. Nah, kali ini saya hanya ingin membahasa salah satu teknologi internet yang dapat melejitkan karis seorang dosen, yaitu 10 alasan mengapa seorang dosen harus memiliki blog sekarang juga.

Alasan #1. Hampir semua mahasiswa bisa mengakses internet.

Sejak pertama kali internet ditemukan pada tahun 1960-an, perkembangannya sangat cepat, dari hanya digunakan kalangan militer saja, lalu merambah ke pemerintahan, hingga ke kampus dan kemudian ditiap rumah kita hampir memiliki internet. Menurut data World Internet Stats jumlah pengguna internet dunia saat ini adalah 34%, dengan pertumbuhan sebesar 500% antara tahun 2000-2012. Sedangkan Indonesia menduduki peringkat ke 11 pengguna internet terbanyak di Asia (http://www.internetworldstats.com/stats3.htm#asia).

Lalu, dari peringkat ke 11 tersebut, barapa persenkah penduduk indonesia yang berstatus mahasiswa..? Hampir bisa dipastikan bahwa setiap mahasiswa bisa mengakses internet, hal ini disebabkan setiap kampus wajib menyelenggarakan mata kuliah komputer.

Alasan #2. Memudahkan dalam memberikan tugas kepada mahasiswa.

Sebagai dosen, anda pasti sering memberikan tugas-tugas mata kuliah yang harus dikerjakan di rumah, baik berupa makalah, paper, atau tugas lainnya. Dalam hal ini, blog anda bisa menjadi media mahasiswa untuk melihat penugasan yang anda berikan. Anda bisa memposting sebuah isi blog yang berisi pengumuman tugas untuk kelas tertentu, hal ini tentu saja sangat memudahkan anda. Lebih-lebih jika anda sedang berada di luar kota, atau sedang berhalangan tidak bisa masuk kelas.

Alasan #3. Melatih diri untuk menulis lebih baik.

Menulis merupakan tugas fungsional seorang dosen, apa jadinya jika dosen tidak pernah menulis..? Minimal menulis jurnal atau makalah, atau juga opini. Untuk itu, blog bisa menjadi media untuk anda lebih mahir menulis. Bahkan anda bisa menerima feedback dari orang lain terhadap tulisan anda untuk perbaikan lebih baik.

Alasan #4. Tuntutan untuk bisa menulis

Tuntutan menulis karya ilmiah merupakan sebuah keharusan bagi seorang dosen, hal ini selain untuk menunjang karir, juga untuk kebutuhan stratifikasi akademis seorang dosen. Seorang dosen dianggap spesialis dibidang tertentu dinilai dari tulisan-tulisannya. Untuk itu penting bagi seorang dosen mempublikasi karya-karya tulisnya di blog, sehingga bisa dibaca oleh orang lain. Bayangkan jika tulisan anda di blog, dibaca oleh seorang mentri dibidang spesialisasi anda.. Wow…

Alasan #5. Banyak proyek penelitian yang dikhususkan untuk dosen

Pemerintah melalui Diknas dan Dikti selalu memberikan beasiswa penelitian untuk dosen-dosen di kampus. Biasanya, dosen akan belajar menulis ketika masa-masa pemberian beasiswa ini akan segera tiba. Hasilnya, hanya dosen-dosen dengan kemampuan merangkai proposal penelitian yang handal akan diberikan beasiswa. Untuk itu, blog lagi-lagi menjadi media yang tepat untuk anda sebagai seorang dosen mengekpresikan cara dan metode menyampaikan ide-ide ilmiah.

Mau tau 5 alasan lainnya, akan saya sambung di tulisan berikutnya. 🙂

 

2 thoughts on “10 Alasan Kenapa Seorang Dosen Harus Punya Blog Sekarang Juga (Part 1)”

  1. 10 Alasan yang tak terbantahkan, hanya para dosen yang memiliki orientasi yang berbeda saja yang tidak memahami pentingnya arti sebuah blog dalam dunia yang dilakoninya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.