6 Tips Mudah Mengingat Nama Kenalan Baru

Bagi sebagian orang, sangat sulit mengingat nama kenalan baru yang baru dijumpai. Saya adalah salah satu diantaranya. Padahal, mengingat nama seseorang sangat penting, terutama dalam dunia bisnis.
Secara psikologis, kita akan senang jika bertemu kenalan, lalu ia menyebut nama kita didalam percakapan.
Selain itu, dengan mengingat nama, bararti membantu kita juga mengingat jaringan atau relasi kerja yang sudah kita bangun.

Bagi anda yang masih kesulitan mengingat nama, berikut ini tipsnya.

1. Perhatikan dengan baik ketika ia menyebut namanya.
Sering kali kita terlalu bersemangat ingin menanyakan berbagai pertanyaan, hingga kita kurang memperhatikan ketika ia menyebut namanya. Jadi perhatikan dengan baik namanya.

2. Ucapkan namanya sesegera mungkin
Ketika ia menyebut namanya, anda ulangi menyebut namanya. Misal “halo, nama saya Benny”, “halo Benny, saya Eka”. Atau bisa juga anda menyebut namnya dalam percakapan. “ok, Benny, mungkin besok kita ketemu lagi”, atau, “Benny, gimana pendapat kamu tentang…”

3. Komentari namanya
Misalnya, “Benny, itu ujungnya pake y atau i?, atau n nya dobel atau satu?” Atau bisa juga, “Eka, itu bukan nama orang Aceh, apa kamu asli Aceh? ” dsb.

4. Hubungkan namanya degan sesuatu yang berarti
Jika ia bekerja di suatu kantor, akan mudah kita hubungkan, misalnya, Benny kantor gubernur. Atau tanya apa hobynya, lalu hubungkan namanya dengan hobynya, misal Benny yang suka mancing.

5. Asosiasikan dengan bentuk fisik atau wajah.
Misal, Benny kurus, Sarah keriting, Rijal itam. Tapi bagian ini, jangan sampai ia ketahui anda mengingatnya dari fisik bagian negatifnya ya.. :).

6. Pandangi nama yang ada di kartu namanya
Ketika seseorang memberi kartu nama, bacalah, lalu pandangin nama yang tertera disana. Setelah selesai pertemuan, buatlah catatan di kartu namanya.

Itulah tips bagaimana kita bisa mudah mengingat nama kenalan baru, tips ini juga bisa berlaku untuk kenalan lama yang baru ketemu lagi setelah sekian lama.

P.s.
Disadur dari www.entrepreneur.com

5 thoughts on “6 Tips Mudah Mengingat Nama Kenalan Baru”

  1. Pada dasarnya sistem kerja otak manusia di bagi berdasarkan fungsi hemisfer kanan dan hemisfer kiri
    secara sistem kerja, otak manusia memiliki dua jenis type pembelajaran
    1. Menghafal
    2. Memahami (Logika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.