Bergerak

* Catatan Langsa-Matang Kuli-Banda Aceh

Kamis lalu, saya baru saja pulang dari kota Langsa. Tujuan saya ke kota itu adalah untuk menemui seorang calon klien terkait dengan project  website di instansinya. Pembicaraan mengenai project ini sudah dimulai awal bulan lalu, namun baru saat ini saya bisa menemuinya. Awalnya, ketika ada pembicaraan bahwa saya harus datang ke Kota Langsa, terasa ada keengganan untuk bepergian. Banyak faktor, diantaranya adalah saya sudah bosan dengan perjalanan traveling dengan angkutan umum. Ya bosan, karena hampir dua tahun, ketika saya bekerja di Lhokseumawe, setiap minggunya saya melakukan perjalanan ke Banda Aceh, dua hari di Banda Aceh, kembali lagi ke Lhokseumaw. Dan itu saya lakukan setiap minggu, untuk melepas kerinduan pada anak dan istri yang tinggal di Banda Aceh.

Tapi, kembali saya merenungi konsekuensi dari profesi yang saya ambil. Sebagai web developer swasta, saya harus sadar bahwa pekerjaan yang saya tawarkan ini, bisa berasal dari mana saja. Dan untuk itu, saya harus siap menempuh segala resiko dan konsekuensi lainnya. Salah satunya adalah harus siap melakukan perjalanan untuk urusan project.

Dalam pilihan profesi yang saya tekuni sekarang, bergerak adalah kunci sukses. Tanpa bergerak, banyak sekali kesuksesan yang diharapkan kadang-kadang hilang. Begerak, setelah saya renungi ternyata juga sangat penting untuk pilihan profesi saya yang yang sangat dinamis. Pengetahuan saya harus terus di upgrade, agar bisa mengikuti dinamisasi dunia profesi yang sedang saya dalami ini.

Ternyata, persepsi saya selama ini tentang pekerjaan saya adalah salah. Komunitas baru, berkenalan dengan orang baru, mendalami lingkungan baru dan hal hal yang bernuansa baru harus terus di cari. Hal ini untuk menjaga dinamisasi pikiran saya terhadap hasil pekerjaan saya. Untuk itu, “bergerak” adalah sebuah kewajiban bagi saya, tidak stagnan dan tidak statis.

3 thoughts on “Bergerak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.