Mengenalkan Muhammad Dengan Benar di Barat

inspired by MuhammadBagi kalangan masyarakat Asia, sosok Muhammad bukan nama asing. Kebanyakan juga menganal Muhammad dengan sisi positif. Hal ini karena mayoritas penduduk di Asia adalah mempercayai Muhammad sebagai Rasulullah.

Namun beda halnya dengan dunia Barat. Cenderung tidak mengenal Muhammad dengan utuh. Hal ini pastinya disebabkan oleh dominasi agama non Islam di sana. Bisa juga kita samakan analoginya adalah, dunia timur tidak mengenal Yesus (sebagai Tuhan) lebih dalam. Terutama bagi non kristiani. Ditambah lagi dengan prilaku beragama yang fanatis.

Di dunia barat, sejak awal terjadinya isu terorisme, yang secara tidak langsung menjadikan Islam sebagai agama menjadi terget bully, menjadikan sosok Muhammad juga menjadi bulan-bulanan bully. Sebagian dunia apatis ketika disodorkan bukti bahwa Islam adalah agama yang cinta damai dan toleran.

Dalam tulisan ini, saya tidak ingin menyalahkan siapa-siapa. Tapi saya ingin mengapresiasi sebuah situs web yang mengangkat profil Muhammad dalam sudut pandang yang menarik.

Tidak tahu dengan Anda, tapi selama ini saya selalu diceritakan sejarah Muhammad, dari sejak lahir, membangun Islam, Proses penerimaan wahyu, kemenangan Muhammad dalam peperangan, dan cerita-cerita lainnya. Dan kebanyakan cerita tersebut tidak lain tujuannya adalah untuk memupuk kepercayaan kita terhadap utusan Allah. Bagi muslim, Muhammad harga mati, jika tidak percaya kau Murtad. Indoktrinasi dalam Islam. Saya setuju dengan itu, tapi saya tidak setuju jika sirah nabawiyah di doktrinasi harus sesuai dengan pemahaman Islam.

Cerita-cerita Muhammad, hanya dimanfaatkan untuk mengokohkan keimanan umat Islam. Padahal Nabi di utus oleh Allah menjadi Rahmatan Lil ‘Alamin, bukan hanya untuk muslim saja. Tapi juga untuk non Muslim. Dengan kata lain, Muhammad bukan milik Muslim, tapi juga milik seluruh dunia. Bukankah Allah SWT. menciptakan dunia ini karena Muhammad…? CMIIW.

Untuk itu, indoktrinasi cerita-cerita Muhammad, sebaiknya juga divariasi dengan cara pandang dan cara pikir non Muslim.

Maaf, kola terlalu banyak mukaddimah. Saya hanya ingin memperkenalkan website http://inspiredbymuhammad.com/, sebuah website yang menceritakan Muhammad benar-benar Rahmatan Lil ‘Alamin. Website tersebut, selain untuk memperteguh keimanan muslim terhadap Rasul utusan Allah. Namun juga untuk membuka pemahaman dunia non Muslim dalam mengenal Muhammad.

Selama ini, hanya muslim saja yang mengenal sang Muhammad. Nabi yang peduli dengan Social Justice, Nabi yang menghormati perempuan, nabi yang sangat mencintai alam dunia ini. Bagi dunia barat, pesan itu tidak sampai. Maka, website ini menjadi suatu pintu masuk bagi dunia non Muslim untuk lebih mengenal Muhammad dengan benar.

Selama ini kita hanya mengenal HAM adalah product barat, dan cenderung kita anti terhadap produk tersebut, namun website ini memiliki cara pandang lain terhadap HAM.

The 1948 UN charter on human rights proclaims “All human being are born free and equal in dignity and rights”, word that echo Muhammad’s practices over fourteen centuries ago.

Pada tahun 1948 piagam PBB tentang hak asasi manusia “Semua manusia dilahirkan bebas dan memilik hak yang sama” kata-kata tersebut sudah pernah keluar dan dipraktikkan oleh Muhammad sejak 14 abad lalu.

Bagi kita muslim yang terbiasa diajarkan Islam secara fanatis dan doktrinasi. Kita dituntut untuk mempercayai bulat-bulat apa yang diajarkan dalam agama. Menurut saya itu benar, karena agama memang dogmatis dan indroktinasi.

Namun, menurut saya, kita sebagai muslim gagal memahami mengapa non muslim menolak Islam. Kita bersyukur bahwa kita dilahirkan dalam Islam. Namun bagaimana dengan mereka yang lahir dari rahim seorang non Muslim..? Bukankah kita wajib membantu mereka menemukan kebenaran..?

Tentu dengan cara-cara yang benar, dan anti kekerasan seperti yang dianjurkan Rasulullah.

 

4 thoughts on “Mengenalkan Muhammad Dengan Benar di Barat”

  1. keren, jadi teringat juga dengan teman2 di Aceh yg saat ini juga berusaha berdakwah lewat video2 di Youtube dan membuat translate dalam bahasa Indonesia, ini sungguh luar biasa 🙂

    1. Yoi bro,

      maka dari itu, mari berbdakwah dengan cara-cara yg santun dan beradab, cara berdakwah kita menjadi cerminan isi yg di dakwahkan…

  2. Tulisan yang keren sekali, andai semua umat muslim bisa berpikiran seperti itu dan andai nin muslim tidak mudah langsung menjudge umat muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.