STAIN Malikussaleh, Kolaborasi dan Blogging

STAIN Malikussaleh adalah sebuah kampus Agama Islam di Lhokseumawe. Kampus ini memiliki beberapa jurusan dan program studi yang ditawarkan kepada mahasiswa nya. Selain itu, layaknya sebuah kampus, STAIN ini memiliki lembaga internal kampus sesuai denga kebutuhan sebuah perguruan tinggi dalam mewujudkan Tri Dharma Peguruan Tinggi. Lembaga ini ada yang sifatnya strukturan maupun fungsional.

Tapi, saya tidak sedang membahas terkait dengan lembaga-lembaga internal kampus di atas. Di tulisan ini saya ingin membahas tentang kegiatan yang disana saya dipercayakan sebagai pemateri.

Kegiatan tersebut adalah Pelatihan Blog untuk Dosen dan Staf STAIN Malikussaleh. Ini adalah kali kedua saya dipercaya sebagai pemateri. Kali pertama pada November 2013, jumlah peserta 25 orang, semuanya adalah dosen. Saat itu, setiap dosen diberikan sebuah domain dan hosting untuk kebutuhan pelatihan blog ini.

Saya memang mensyaratkan setiap peserta harus beli domain dan hosting sendiri. Tujuannya adalah agar mereka serius mengikuti kegiatan dan serius mengelola blognya setelah pelatihan berakhir. Namun dugaan saya itu salah, dari 25 peserta pelatihan, hanya 3-5 orang saja yang aktif mengupdate blognya. Walaupun hanya menggonta-ganti theme saja.

Ketika pihak Lab. Komputer kampus itu selaku yang punya hajat, menghubungi saya untuk pelatihan kedua awal Mei 2014 lalu. Saya menawarkan opsi agar peserta tidak diberikan domain pribadi, tapi sistemnya adalah blog networking. WordPress memungkinkan untuk sistem blog seperti ini. WordPress Multisite namanya.

Dengan metode ini, panitia harus menyediakan sebuah hosting dengan space yang lumayan besar. Lalu membeli sebuah domain yang generik. Domain ini bisa berupa nama yang mengindikasikan lembaga, atau nama grup. Saya menawarkan nama www.stainmal.com.

Kemudian, setiap peserta akan diberikan subdomain dengan namanya masing-masing. Misalnya www.andi.stainmal.com

Panitia setuju, 11-12 Juni 2014 merupakan hari hajatannya.

blog23

blog22 blog2

 

Diluar dugaan saya, ternyata panitia punya rencana sendiri. Berdasarkan ide yang saya ungkap tentang blog networking, mereka mengembangkan pemikiran tersebut. Peserta tidak diundang secara personal, tapi atas nama lembaga internal kampus. Alhasil, peserta ada yang mewakili Perpustakaan, Staf Jurusan, Staf Prodi, Staf Ketua, Sekretaris Jurusan, dan lain-lain.

Nama subdomainnya pun mengikuti nama lembaga tersebut, misal : www.pustaka.stainmal.com, www.akademik.stainmal.com, www.dakwah.stainmal.com dan lain-lain.

Ide ini sangat briliant. Keseriusan peserta mengikuti pelatihan berbanding terbalik dengan peserta kali pertama. Peserta kali kedua ini lebih serius, karena ketika ia mengikuti pelatihan ini atas nama lembaga yang mengutusnya, ia harus bisa mempertanggungjawabkan hasil pelatihannya kepada atasannya. 🙂 ya… daripada dimarahi atasan, lebih baik serius ikut pelatihan.

 

Kolaborasi Informasi dengan Blog

Sistem blog networking ini, memberikan ide kepada para peserta untuk saling berkolaborasi dalam memberikan informasi kepada mahasiswa. Pengelola kampus dapat dengan mudah memberikan informasi kepada mahasiswa melalui blog lembaganya masing-masing. Blog adminnya juga dapat memberikan link terkait antar lintas lembaga.

Misal saja, Prodi Bahasa Arab (www.pba.stainmal.com)mengeluarkan informasi tentang jadwal Wisuda untuk semester depan. Namun, ada informasi terkait dengan aktifitas akademik yang harus diketahui oleh mahasiswa. Admin bisa memberikan link yang menuju ke blog bagian Akademik (www.akademik.stainmal.com).

Kerja-kerja seperti ini bukan hanya membantu mahasiswa, tapi juga semua civitas akademika kampus. Tinggal kreatifitas pengelola blog dalam mendeliveri informasi.

 

Pengembangan Kedepan

Karena space hosting yang cukup besar, saya menyarankan agar setiap dosen diberikan blog dengan subdomain yang sama, agar informasi komunikasi dua arah antara dosen, mahasiswa dan masyarakat dapat terjalan lebih intens.

Selain itu, lembaga kamahasiswaan juga bisa diberikan akses, seperti BEM, UKM-UKM dan lembaga mahasiswa lainnya. Tujuannya selain menyebarkan informasi terkait kreatifitas mahasiswa, juga mendukung promosi kampus ke arah yang lebih positif.

 

Penasaran seperti apa Blog Network STAIN Malikussaleh? Silahkan kunjungi halaman ini www.stainmal.com

One thought on “STAIN Malikussaleh, Kolaborasi dan Blogging”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.