10 Alasan Kenapa Seorang Dosen Harus Punya Blog Sekarang Juga (Part 2)

Jika anda sudah membaca 5 dari 10 Alasan kenapa seorang dosen harus punya blog sekarang, berikut ini 5 alasan selanjutnya.

Alasan #6. Menulis merupakan angka kredit paling besar dalam karir dosen.

Berbeda dengan PNS lainnya, dosen dituntut untuk menulis karya ilmiah sebagai bukti bahwa ilmu yang dipelajarinya bisa dimanfaatkan oleh orang lain. Selain itu, menulis juga merupakan salah satu kredit penting ketika seorang dosen mengajukan kenaikan pangkat.

Alasan #7. Media alternatif menjalani Tri Dharma perguruan tinggi.

Tri Dharma perguruan tinggi merupakan tiga kewajiban civitas akademika dalam menjalani hari-harinya sebagai akademisi, yaitu 1) Pendidikan dan Pengajaran, 2) Penelitian dan Pengambangan, dan 3) Pengabdian pada Masyarakat. Dalam hal ini point ketiga tidak mesti diterjemahkan mengabdi dengan banti tulang gotong royong di gampong. Tapi, melalui blog, anda bisa menyebarkan keilmuan anda kepada masyarakat yang membutuhkan.

Alasan #8. Media personal branding sebagai ekpert pada bidang yang digeluti

Banyak dosen yang mengeluh karena minimnya penghasilan. Namun berbeda dengan dosen yang kreatif, mereka selalu mencari peluang di luar kampus. Blog bisa digunakan sebagai media personal branding dalam memperkenalkan keahlian anda kepada khalayak. Jika anda seorang dosen Fisika, tulislah blog tentang ekspertasi anda, dan jelaskan bahwa anda bersedia di undang secara profesional untuk menjadi pembicara. Bagitu juga dengan dosen dengan ekpertasi lainnya, carilah peluang dengan ilmu yang anda miliki.

Alasan #9. Banyak para donatur dan yayasan pemberi beasiswa penelitian melalui internet.

Mungkin pernah anda mendengar jika ada seorang dosen yang tiba-tiba di hubungi oleh pihak pemberi beasiswa untuk ditawari sebuah project penelitian atau beasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Saat ini, pemberi beasiswa tidak hanya melihat rekomendasi dari atasan saja, namun juga mempertimbangkan keaktifan calon penerima beasiswa, baik aktif di masyarakat lokal, maupun aktif di masyarakat internasional. Aktif dalam masyarakat internasional artinya ia sering terlibat dalam forum-forum diskusi online terkait ekpertasi keilmuannya, dan memberikan kontribusi melalui tulisan-tulisannya di blog.

Alasan #10. Banyak universitas yang mencari dosen melalui tulisan-tulisannya di blog.

Nah, ini yang paling mengasikkan, sekali mendayung dua tiga pulau terlewati. Banyak sekali kampus sudah memiliki website kampusnya. Artinya kampus tersebut sudah melek internet, dan bisa dipastikan bahwa pihak kampus juga melakukan pencarian artikel-artikel yang di tulis oleh para profesional baik dosen maupun bukan dosen untuk diajak menjadi pengajar di kampusnya.

 

Dari kesepuluh alasan di atas, sudah berapa hal kah yang sudah anda lakukan sebagai dosen..? Jadi, mulailah memiliki blog dari sekarang. Karena perkembangan internet sangat cepat, jangan sampai anda kalah dalam melangkah.

About Eka

Seorang yang sedang belajar bergerak dan masih terus bergerak. Ayo Bergerak.

20. April 2013 by Eka
Categories: Writing | Tags: , | 1 comment

One Comment

Leave a Reply

Required fields are marked *